Selasa, 22 Maret 2016

1. Banyak Macam Wisata


A.    Wisata Alam

·         Gunung Bromo, jawa timur
Gunung Bromo adalah destinasi wisata yang dikenal luas, baik dari wisatawan domestik maupun para penikmat perjalanan dari mancanegara. Gunung Bromo memiliki karakter alam yang menawan, hamparan lautan pasir yang luas, udara segar, dan berhawa dingin. Inilah yang membuat wisata Gunung Bromo disukai para wisatawan. Di puncak Bromo, Anda dapat mendapatkan pemandangan matahari terbenam (sunset), salah satu yang paling memikat di Indonesia.
Gunung bromo mempunyai ketinggian ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut berada dalam empat wilayah pemerintahan di Jawa Timur, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi,merupakan gunung berapi aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur.Obyek Wisata Gunung Bromo menjadi salah satu icon Wisata Jawa Timur.

Satu hal yang wajib diketahui adalah suhu udara di puncak Gunung Bromo dapat berkisar antara 2º hingga 20º Celcius. Kondisi ini adalah bagian unik yang ada di salah satu tempat paling menarik di Jawa Timur ini. Waktu terbaik untuk mengambil perjalanan wisata ke Gunung Bromo adalah pada bulan Juni – Oktober.

A.    wisata kuliner
(di ambil dari http://www.pegipegi.com/travel/mantapnya-dessert-di-sop-duren-lodaya/ ,kamis, 3 maret 2016. jam 16:13)

·         Sop Duren Lodaya
Wisata kuliner bogor yang berikutnya adalah Sop Duren Lodaya yang berada di salah satu tempat yakni tepatnya di Jalan Bangbarung Raya No.69 Bogor Utara, Jawa Barat. Tentu saja Sop Duren Lodaya ini merupakan salah satu surga kuliner yang berada di Bogor yang suka atau hobi dengan makanan yang berbahan dasar durian. Sepertinya memang Sop Duren Lodaya ini sangat ramai sejak pertama kali di buka di tahun 2013 yang lalu.
Di wisata kuliner Bogor Sop Duren Lodaya ini terdapat beberapa menu andalan           durian yang ada seperti durian kacang ijo roti yang tentu saja sangat luar biasa dengan buah duriannya yang sangat lembut dan juga di campur dengan es yang menyegarkan. Beberapa hal yang menarik lagi dari menu Sop Duren Lodaya adalah topping roti tawar pandan dan juga parutan keju yang sangat lezat bisa anda nikmati di tempat ini.

A.    Wisata Malam

(diambil dari http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/jogjakarta/inilah-12-tempat-wisata-di-jogja-paling-terkenal/2144/ . kamis, 3 maret 2016. jam 16:48)
·       Malioboro
Malioboro adalah tempat pusat wisata belanja di Jogja ini tidak hanya ramai pada siang hari tetapi juga pada malam hari. di sini juga kita bisa menikmati berbagai sajian kuliner hidangan lesehan di malam hari yang biasa disebut Angkringan Jogja.
Sembari berbelanja atau makan, kamu akan dihibur oleh para musisi jalanan dengan tembang-tembang lawas sampai dengan modern.

 A.    Wisata Budaya
(diambil dari http://www.tourguidesbali.com/tours/tirta-gangga-bali.php. kamis, 3 maret 2016. jam 17:15)
·         Tirta Gangga

Di tengah sawah dan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang indah, lokasi Tirtagangga begitu damai dan indah. Tirtagangga merupakan taman air kerajaan milik keluarga kerajaan Karangasem. Terletak di desa Ababi, sekitar 83 km dari Denpasar atau 6 km utara Amlapura, ibukota Kabupaten Karangasem.
Taman air ini dibangun pada tahun 1948 atas prakarsa Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Arsitektur taman air ini merupakan gabungan dari arsitektur gaya Bali dan Cina. Sebelum dibangun menjadi taman air, sumber air telah berada di sana sebelumnya, yang digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar akan air namun diyakini juga sebagai air suci untuk memurnikan setiap energi buruk di sekitar daerah tersebut.
Tirta berarti air yang diberkati dan diambil dari nama sungai Gangga di India. Air dari mata air Tirtaganga dianggap sebagai air suci oleh umat Hindu di Bali. Air ini digunakan untuk upacara keagamaan di Pura-Pura di daerah tersebut sampai saat ini. Mata air ini diperlukan untuk upacara yang diselenggarakan oleh Pura-Pura di sekitar Tirtagangga yang dapat dicapai dengan berjalan kaki
Memasuki satu taman dapat dilihat bahwa terdapat sebuah kolam di sisi kanan yang dihiasi oleh bebatuan dekoratif yang diletakkan di sekitar kolam, sementara yang lainnya berfungsi sebagai jembatan. Patung dewa dan dewi berdiri anggun di tengah-tengah kolam air yang dingin. Ikan mas berenang di kolam air, sisik mereka bersinar seperti cahaya matahari yang terpantul ke dalam air. Bagian ini adalah tingkat Swah. Pada tingkat ini, di mana selain dua kolam hias, terdapat pula kolam renang di mana penduduk lokal atau pengunjung dapat menikmati berenang pada mata air yang dingin.
Tempat ini sangat bagus untuk membebaskan diri dari cuaca panas karena cuaca di daerah ini cukup panas. Berjalan-jalan santai atau mencelupkan kaki anda ke dalam air dingin sangat menyenangkan, atau mengambil beberapa foto dari pemandangan-pemandangan yang indah.

A.    Wisata Seni
(diambil dari http://travel.kompas.com/read/2014/11/20/091200727/Saung.Angklung.Udjo.Komitmen.Angklung.Pada.Dunia. Selasa, 22  maret 2016. jam 20:31)

·         Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo merupakan salah satu tempat wisata yang bertemakan Seni dan Budaya Di Bandung yang terutama adalah kesenian musik Sunda yaitu Angklung. Sebuah lokasi tempat wisata yang pantas dan tepat untuk Anda kunjungi, dimana Anda dapat tarian tradisional dan permainan angklung yang membaur dalam suasana riang gembira. Disini Anda bisa merasakan suara Angklung yang digoyang dengan tangan Anda sendiri karena alat musik khas sunda ini menyimpan pesona dan kemolekan pada bentuknya serta irama yang merdu. Saat Anda mulai menggerakan maka angklung akan menebar berjuta harmoni yang menjadi satu dalam suasana riang. Alunan dari Rumpun Bambu Saung Angklung Udjo merupakan salah satu sketsa keindahan bumi Tatar Sunda.

B.     Wisata Sejarah
 
(Diambil dari http://kutayu.com/wisata-candi-borobudur/, senin 21 maret 2016 jam 19:40)

·        
Candi Borobodur( 
Candi Borobodur merupakan monumen Budha terbesar di dunia. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa. 

Candi Borobudur memiliki luas 123x123 m² dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Bentuk candi ini beraksitektur Gupta yang mencerminkan pengaruh India. Setelah berkunjung ke sini Anda akan memahami mengapa Borobudur memiliki daya tarik bagi pengunjung dan merupakan ikon warisan budaya Indonesia. Candi Borobudur ini seakan puzzle raksasa yang tersusun dari 2 juta balok batu vulkanik, dipahat sedemikian rupa sehingga saling mengunci satu dengan yang lain.

Lembaga internasional dari PBB yaitu UNESCO mengakui sekaligus memuji Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Di Candi ini ada 2672 panel relief yang apabila disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km. Ansambel reliefnya merupakan yang paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya serta setiap adegannya adalah mahakarya yang utuh.

Sejak pertengahan abad ke-9 hingga awal abad ke-11, Candi Borobudur menjadi tempat peziarah umat Budha dari China, India, Tibet, dan Kamboja. Candi Borobudur menjadi salah satu jejak sejarah paling penting dalam perkembangan peradaban manusia. Kemegahan dan keagungan arsitektur Candi Borobudur merupakan harta karun dunia yang mengagumkan dan tak ternilai harganya.

C.     Wisata Religi
(diambil dari http://indotur.blogspot.co.id/2010/10/wisata-religi-ke-masjid-kubah-emas.html, senin, 21 maret 2016, jam 19:53)
·         ·         Masjid Dian Al-Mahri (Kubah Emas)

Masjid Dian Al Mahri (Kubah Emas) dikenal juga dengan nama Masjid Kubah Emas adalah sebuah masjid dengan kubahnya yang berlapiskan emas yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah salat bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata religi dan sangat menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekedar dijadikan tempat beristirahat. 
Masjid Dian Al Mahri dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten, yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu. Dengan luas kawasan 50 hektar, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini merupakan bagian dari konsep pengembangan sebuah kawasan terpadu bernama Kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri. Masjid ini mampu menampung 15 ribu jamaah untuk pelaksanaan sholat dan 20 ribu jamaah untuk pelaksanaan majelis taklim. Kawasan mesjid ini disebut-sebut sebagai yang termegah di Asia Tenggara.
D.    Wisata Laut



·         Pantai Anyer Banten
            Pantai Anyer adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling ramai dan populer, terutama bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya karena dekat dan terjangkau. Berlokasi di Kabupatan Serang, Banten,Pantai Anyer adalah pantai yang memiliki pasir putih yang indah dan menarik. Dinamakan Pantai Anyer karena pantai ini berada di sepanjang Kecamatan Anyer, Banten. Aktifitas yang dapat anda lakukan di Pantai Anyer adalah berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai. Apabila ingin menginap, tidak perlu kuatir karena banyak sekali hotel di sekitar Pantai Anyer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar