Rabu, 01 Juni 2016

4. Kenapa Belajar Kepariwisataan Penting di Jurusan Sastra Inggris?

(diambil dari : http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/16/1443428/Riset.Kepariwisataan.Dunia.dalam.Literatur. , Rabu, 1 juni 2016, jam 18:51)

Apa itu kepariwisataan? Kepariwisataan adalah keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multidisiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan negara serta interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat, sesama wisatawan, Pemerintah, Pemerintah Daerah dan pengusaha (Source : http://960606net.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-kepariwisataan.html), sedangkan pengertian Bahasa menurut Para Ahli adalah :
1.     bahasa menurut kamus besar Bahasa Indonesia (Hasan Alwi, 2002: 88) bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik.
2.     Pengertian Bahasa menurut (Depdiknas, 2005: 3)Bahasa pada hakikatnya adalah ucapan pikiran dan perasaan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya.
3.     Pengertian Bahasa menurut Harun Rasyid, Mansyur & Suratno (2009: 126) bahasa merupakan struktur dan makna yang bebas dari penggunanya, sebagai tanda yang menyimpulkan suatu tujuan.
4.     Pengertian bahasa menurut Keraf Smarapradhipa (2005) memberikan dua pengertian bahasa yaitu : pertama, menyampaikan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang di hasilkan oleh alat ucap manusia. kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vikal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.
Sistem bahasa itu sukarela (arbitary). Sistem berlaku secara umum, dan bahasa merupakan peraturan yang mendasar. Sebagai contoh: ada beberapa bahasa yang memulai kalimat dengan kata benda seperti Bahasa Inggris, dan ada bahasa yang mengawali kalimatnya dengan kata kerja. Dan seseorang tidak dapat menolak aturan-aturan tersebut baik yang pertama maupun yang kedua. Jadi tidak tunduk kepada satu dialek tertentu.
Fungsi bahasa adalah mengekspresikan pikiran dan perasaan. Jadi tidak hanya mengekspresikan pikiran saja. Peranan bahasa terlihat jelas dalam mengekpresikan estetika, rasa sedih senang dalam interaksi sosial. Dalam hal ini mereka mengekspresikan perasaan dan bukan pikiran. Karena itu bahasa itu mempunyai peranan sosial, emosional disamping berperan untuk mengemukakan ide.
v  mempelajari kepariwisataan kita dapat mengetahui dan memperoleh berbagai ilmu serta maafaat kepariwisataan dalam berbagai bidang, yaitu ekonomi, budaya, politik, lingkungan hidup, nilai pergaulan dan ilmu pengetahuan, peluang dan kesempatan kerja.
1.      Manfaat kepariwisataan dari segi Ekonomi
Kepariwisataan menghasilkan devisa yang besar bagi Negara sehingga dapat meningkatkan perekonomian suatu Negara.
2.      Manfaat kepariwisaataan dari segi Budaya
Membawa sebuah pemahaman dan pengertian antar budaya melalui interaksi wisatawan dengan masyarakat lokal tempat daerah wisata tersebut berada. Sehingga dari interaksi inilah para wisatawan dapat mengenal dan menghargai budaya masyarakat setempat dan juga memahami latar belakang kebudayaan lokal yang dianut oleh masyarakat tersebut.
3.      Manfaat kepariwisataan dari segi politik
Memelihara hubungan internasional dengan baik, yaitu dalam hal pengembangan pariwisata mancanegara. Akan terjadi kunjungan antar bangsa sebagai wisatawan seperti hal nya dalam pariwisata nusantara, sehingga dapat memberi inspirasi untuk selalu mengadakan pendekatan dan saling menghormati.
4.      Manfaat kepariwisataan dari segi lingkungan hidup
Karena sebuah objek wisata apabila ingin banyak mendapatkan kunjungan dari wisatawan harus terjaga kebersihannya sehingga masyarakat secara bersama-sama sepakat untuk merawat serta memelihara lingkungan atau daerah yang dijadikan sebagai sebuah objek wisata.
5.      Manfaat kepariwisataan dari segi nilai pergaulan dan ilmu pengetahuan
Memiliki teman dari berbagai macam Negara sehingga dapat mengetahui kebiasaan mereka serta mempelajari kebiasaan baik dari Negara mereka tersebut. Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan kita dapat mempelajari pariwisata serta dapat mengetahui dimana letak dan keunggulan sebuah objek wisata sehingga dapat menerapkan di daerah objek wisata daerah kita yang belum berkembang dengan baik. (Source: https://tiyaminozz.wordpress.com/2013/03/31/sejarah-tujuan-dan-manfaat-kepariwisataan/)

v Manfaat kepawirisataan dalam jurusan sastra inggris


Kemampuan dalam berkomunikasi dalam berbahasa inggris di dalam era modern saat ini sangatlah penting, apalagi setelah masuknya MEA (masyarakat Ekonomi Asean) di tahun 2016 ini maka sangat di sarankan untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris. Peran Kepawisataan dalam jurusan sastra inggris, pada hal ini dapat di manfaatkan dengan baik pada masuknya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).  kita dapat memanfaatkannya dengan memperkenalkan Kepariwisataan Indonesia, selain untuk menarik minat wisatawan kepada negara asing, disini kita dapat juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam berbahasa inggris juga. kita bisa memulainya dengan menyampaikannya pada sebuah artikel yang dapat di muat di internet. hal ini adalah cara alternatif untuk memperkenalkan negara kita pada dunia.


Ketika kita terbiasa dalam menulis sebuah artikel Kepariwisataan dalam bahasa inggris akan lebih mudah untuk dapat menyampaikan hal tersebut, dan  juga dapat memberikan berbagai informasi kepada negara lain tentang negara kita sendiri, seperti lokasi-lokasi kepariwisataan Indonesia, keberagaman budaya di indonesia, kuliner di Indonesia, ke indahan dan keelokan negara Indonesia, serta fasilitas yang terdapat di Indonesia. dari situ pula kita dapat menarik minat turis asing untuk berkunjung ke negara kita, hal ini dapat meningkatkan devisa negara, bukan hanya untuk turis asing saja dengan ini juga dapat memudahkan turis lokal untuk berkunjung ke kota lain. Informasi ini sangat bermanfaat untuk di sampaikan karena tidak semua orang Indonesia juga mengetahui tentang kota yang belum pernah di kunjunginnya, atau juga dengan informasi ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

Selain itu manfaat dalam belajar kepariwisataan, kita jadi lebih mengenal tentang negara kita sendiri, banyak pengetahuan yang dapat di peroleh dari belajar kepariwisataan ini, misalnya sejarah indonesia. Indonesia mempunyai banyak sejarahnya, seperti sejarah candi borobudur, Prambanan, dan peninggalan-peninggalan bersejarah lainnya. bukan hanya sejarahnya, kita juga dapat lebih mengenal tentang budaya dari daerah-daerah Indonesia misalnya di daerah Lombok terdapat suku yang sangat Unik yaitu suku Sasak yang hingga saat ini kebudayaan dan kepercayaannya masih kental. Kuliner di Indonesia, Indonesia mempunyai banyak makanan khas, seperti gudeg (yogyakarta), Rendang (padang), asinan (Bogor). di samping itu belajar Kepariwisataan ini membuat kita mengetahui tentang berbagai wisata, seperti wisata laut, wisata  Alam, wisata malam, wisata budaya, wisata sejarah, dan masih banyak lagi. Mempelajari Kepariwisataan juga bisa belajar melatih kemampuan kita dalam dunia kerja karena kita mendapat banyak hal dari Kepariwisataan ini kemampuan pengetahuan kita pun menjadi bertambah luas, dan juga kemampuan berbahasa kita pun lebih bagus lagi karena kepariwisataan ini juga melatih cara berbicara untuk menyampaikan informasi kepada pembaca atau pendengar, 
(diambil dari : http://www.wellsgraytours.com/so-you-want-to-be-a-tour-guide-or-tour-director/ , Rabu, 1 juni 2016, jam 19:13)

contohnya profesi sebagai Pramuwisata disebut juga Pemandu Wisata atau Tour Guide dalam Bahasa Inggris. Pramuwisata juga ada jenisnya yaitu Local guide, dan City guide. Local guide (on-site guide) pemandu wisata lokal adalah seorang pemandu wisata yang menangani suatu tur selama satu atau beberapa jam di suatu tempat yang khusus, pada suatu atraksi wisata, atau di suatu areal yang terbatas, misalnya gedung bersejarah, museum, taman hiburan, pabrik, dan pusat riset ilmiah, sedangkan City guide adalah pemandu wisata yang bertugas membawa wisatawan dan memberikan informasi wisata tentang obyek-obyek wisata utama di suatu kota, biasanya dilakukan di dalam bus atau kendaraan lainnya. Seorang city guide yang melakukan tugas rangkap sekaligus sebagai pengemudi disebut sightseeing guide. jadi belajar Kepariwisataan penting dalam jurusan Sastra Inggris karena selain menambah pengetahuan tentang wisata lokal maupun internasional, kita juga dapat belajar berkomunikasi dengan baik.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar