Selasa, 13 Juni 2017

4. Karakteristik Kewirausahaan

1.      Perilaku dan Sikap Wirausaha

Perilaku dan sikap tidak bisa dipisahkan untuk menjadikan lebih sempurna karena kedua-duanya memiliki karakteristik yang berbeda, sikap itu cara pandang dan pola pikir (mindset) atas hal-hal yang dihadapinya, seperti rasa takut. kesulitan, cobaan, kritikan, saran, tekanan, dan hambatan yang mendasari sebuah tindakan sedangkan perilaku adalah tindakan (act) dari kebiasaan atas kebenaran yang ia pegang teguh. Perilaku dapat disebut sebagai langkah dan tindakan yang ia lakukan untuk menghadapi dan menyiasati pekerjaan sehari-hari.

v Perilaku seorang wirausahawan adalah :

1)      Perilaku wirausaha secara individu
a.       Teguh pendiriannya.
b.      Selalu yakin dengan apa yang ia kerjakan dan lakukan, sehingga terkadang cenderung keras kepala tetapi sebenarnya mempunyai konsep dan alasan yang kuat dalam melakukan sesuatu.
c.       Berperilaku profesional dalam arti punya tanggung jawab, komitmen tinggi disiplin, berusaha tetap konsisten pada pendiriannya, serta jujur dan terbuka.
d.      Optimis dalam segaa perilaku yang ia lakukan.
e.       Berpikir positif dalam mendengar serta menanggapi suatu saran atau cercaan, bahkan ejekan dari teman dan keluarganya. Ia anggap sebagai tantangan yang memotivasi dirinya agar ia harus mewujudkannya.
f.       Tidak gegabah dan penuh dengan rencana dalam setiap tindakan (visioner).
g.      Selalu berorientasi pasti ada jalan keluarnya sehingga ia berpikir kreatif dan inovatif untuk menemukan solusinya.

2)      Perilaku wirausaha secara sosial dan lingkungan.
a.       Berpenampilan rapi dan ingin disukai oleh setiap orang
b.      berperilaku baik sehingga banyak orang yang menyukainya.
c.       Senang memotivasi orang lain untuk tujuan yang baik.
d.      Menjadi teladan bagi teman bisnisnya, karyawan, dan pelanggannya.
e.       Pandai bergaul dan cakap dalam berkomunikasi sehingga banyak orang yang senang dengannya.

3)      Perilaku wirausaha dalam pekarjaan
a.       Berorientasi pada tujuan dan tetap berkeinginan kuat pada hasil yang sempurna.
b.      Gila bekerja (workaholic) dan bekarja dengan baik sehingga tidak menyukai kelemahan (perfectionist.)
c.       Tidak suka menunda pekerjaan dan selalu ingin cepat diselesaikan.
d.      Haus akan prestasi sempurna (excellence).
e.       Tuntas dalam mengerjakan tugas.
f.       Energik  atau penuh semangat dalam berkerja dan mengerjakan tugas.
g.      Paling menyukai pekerjaan yang baru dan menantang.
h.      Kreatif dan inovatif sehingga selalu menyukai ide ide yang cemerlang dan bisa keluar dari tekanan.
4)      Perilaku wirausaha  dalam menghadapi risiko
a.       Mengevaluasi  risiko dan dampak nya terlebih dahulu.
b.      Mencari keputusan yang tepat dan optimal.
c.       Tidak takut pada risiko karena ia kuat dalam hal intuisinya.
d.      Waspada dan antisipatif sehingga selalu berperilaku proaktif.

5)      Perilaku wirausaha dalam kepemimpinan (leadership)
a.       Seorngan pemimpin yang berani mengambil keputusan.
b.      Perilakunya hati hati karena menjadi contoh bagi yang lain.
c.       Membuat karyawan tenang dalam menjalankan pekerjaan  dan tugasnya.
d.      Mempunyai karisma dan berjiwa besar. (Hendro,2011)

v Sikap seorang wirausahawan adalah :

1)      Sikap selalu berpikir positif dalam menghadapi segala hal  (positive thinking).
2)      Respons yang positif dari individu terhadap informasi ,kejadian, kritikan, cercaan, tekanan, tantangan, cobaan, dan kesulitan.
3)      Sikap yang berorientasi jauh ke depan, berpikiran maju, bersifat prestatif dan tidak mudah terlena oleh hal-hal yang sudah berlalu (think for the future, not the past). Ia tidak mau hanyut oleh hal-hal yang bersifat sejarah dan kenyamanan sesaat.
4)      Sikap tidak gentar saat melihat pesaing (competitor), namun justru berpendapat :

bersyukurlah bahwa
kita  ada pesaing
karena berkat pesaing
kita bias terus berpikir untuk
berkembang dan
berusaha agar tetap
bertahan (survive).
pesainglah yang
membantu
membersarkan
usaha kita, tanpa pesaing
bisnis kita
akan ‘stagnan’ atau
tidak mengalamai
perubahan.
Bravo… pesaing…!
Thanks.

         -Ir Hendro

5)      Sikap yang selalu ingin tahu, membuat ia selalu mencari jalan keluar bila ingin maju.
6)      Sikap yang ingin  memberi yang terbaik buat orang lain sehingga sikap  ini sangat baik untuk semua orang.
7)      Sikap yang penuh semangat dan berjuang  keras (pantang menyerah) sehingga  menimbulkan dampak yang baik untuk dunia sekelilingnya.

Kesuksesan itu
‘menular’ ke lingkungan
karena ada  motivasi
di dalamnya   
kemiskinan pikiran
juga berdampak
buruk bagi lingkungan
karena bisa membuat
mereka ‘demotivasi’
jadi, bergaullah
dengan orang orang
sukses agar anda
bisa  bersikap
yang sama.

8)      Punya komitmen yang kuat,  integritas yang tinggi, dan semangat yang  kuat untuk meraih impiannya. (Hendro,2011)

2.     Karakteristik wirausaha
 Menurut Fadel Muhammad, ada tujuh ciri yang merupakan identitas seorang wirausahawan,yaitu sebagai berikut.
  1. Kepemimpinan.
  2. Inovasi.
  3. Cara mengambil keputusan.
  4. Sikap tanggap terhadap perubahan.
  5. Bekerja secara efisien.
  6. Memiliki visi masa depan.
  7. Memiliki sikap terhadap risiko.

          Karakteristik Wirausaha Menurut Wasty Soemanto

  Menurut Wasty Soemanto, tanda wirausaha adalah manusia yang memiliki kepribadian      kuat.Hal itu ditunjukkan dengan ciri-ciri, antara lain sebagai berikut.
  1. Sikap moral yang tinggi.
  2. Sikap mental wiraswasta.
  3. Kepekaan terhadap lingkungan.
  4. Keterampilan wirausaha.
(sumber : http://www.pelajaran.co.id/2016/03/karakteristik-wirausaha-menurut-pandangan-para-ahli-terlengkap.html)

Karakeristik wirausaha Menurut David

Menurut David (1996) karakteristik yang dimiliki oleh seorang wirausaha memenuhi syarat-syarat keunggulan bersaing bagi suatu perusahaan/organisasi, seperti inovatif, kreatif, adaptif, dinamik, kemampuan berintegrasi, kemampuan mengambil risiko atas keputusan yang di buat, integritas, daya juang, dan kode etik niscaya mewujudkan efektivitas perusahaan/organisasi.

Karakeristik wirausaha Menurut Bygrave


Menurut pendapat Bygrave (1996), Karakter seorang wirausahawan adalah irisan dari berbagai sikap mental positif dan membutuhkan proses yang berasal dari internal maupun eksternal.( Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan:hal 32)

3. Success Story
Chairul Tanjung

Chairul Tanjung Pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 Pengusaha sukses asal indonesia ini dikenal luas sebagai pendiri sekaligus pemimpin, CT Corp (sebelum 1 Desember 2011 bernama Para Group)
v  Karier dan kehidupan

Chairul lahir di Jakarta dalam keluarga yang cukup berada. Ayahnya A.G. Tanjung adalah wartawan zaman orde lama di sebuah surat kabar kecil. Chairul berada dalam keluarga bersama enam saudara lainya. Ketika Tiba di zaman Orde Baru, usaha ayahnya dipaksa tutup karena tulisannya dianggap berbahaya dan berseberangan secara politik dengan penguasa saat itu. Keadaan tersebut memaksa orangtuanya menjual rumah dan berpindah tinggal di kamar losmen yang sempit. 
 Naluri pengusaha mulai muncul dalam dirinya saat ia menjadi Mahasiswa, untuk membiayai kuliahnya yang cukup besar dia berjualan buku kuliah stensilan dan kaos selain itu Ia juga pernah membuka usaha foto kopi dikampus. Chairul juga pernah mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen Raya, Jakarta Pusat, tetapi usahanya ini tidak berhasil,

Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia, Chairul bersama tiga rekannya  mendirikan PT Pariarti Shindutama  pada tahun 1987. Dengan modal awal Rp 150 juta dari Bank Exim,  (PT Pariarti Shindutama adalah perusahaan yang kegiatannya memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor). Karena Kerja keras yang luar biasa perusahaan tersebut mendapat pesanan 160 ribu pasang sepatu dari Italia. Akan tetapi, karena ada masalah internal dalam perusahaan (perbedaan visi tentang ekspansi usaha), Chairulpun memilih pisah dan mendirikan usaha sendiri.

Beliau sangatlah piawai dalam membangun jaringan dan berorganisasi hal inilah yang membuat bisnisnya semakin berkembang. Setelah keluar dari PT Pariarti Shindutama Chairul mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti: yaitu keuangan, properti, dan multimedia. 
Kemudian ia pun mendirikan sebuah kelompok perusahaan dengan nama Para Group. Perusahaan Konglomerasi ini mempunyai Para Inti Holdindo sebagai fatherholding company, yang membawahkan beberapa sub-holding, yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo(media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti).
Di bawah para group, Chairul Tanjung memiliki sejumlah perusahaan di berbagai bidang diantaranya :
Para Group mempunyai beberapa unit usaha, yaitu:
§  Mega Corpora
§     Perbankan
·                               PT Bank Mega Tbk (Bank Mega)
·                               PT Bank Syariah Mega Indonesia (Bank Mega Syariah)
§     Asuransi
·                               PT Asuransi Jiwa Mega Life
·                               PT Asuransi Umum Mega
§     Pasar modal
·                               PT Mega Capital Indonesia
§     Pembiayaan
·                               PT Para Multifinance
·                               PT Mega Auto Finance
·                               PT Mega Central Finance

§  Trans Corp
§     Trans Corpora Media
·                               PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV)
·                               PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7)
·                               PT Agranet Multicitra Siberkom (DetikCom)

·         PT Trans Lifestyle
·                               PT Anta Express Tour & Travel Service Tbk
·                               PT Trans Fashion
·                               PT Trans Mahagaya
·                              PT Mahagaya Perdana (Prada, Miu Miu, Tod’s, Aigner, Brioni, Celio, Hugo Boss, Francesco Biasia, Jimmy Choo, Canali, Mango)
·                               PT Trans F&B
·                               PT Trans Coffee (The Coffee Bean & Tea Leaf)
·                               PT Trans Ice
·                               PT Naryadelta Prarthana (Baskin Robbins)
·                               PT Metropolitan Retailmart (Metro department store)
·                               PT Trans Airways
·                               PT Trans Rekan Media
·                               PT Trans Entertainment

§     PT Trans Property
·                               PT Para Bandung Propertindo (Bandung Supermal)
·                               PT Batam Indah Investindo
·                               PT Karya Data Mandiri
·                               PT Mega Indah Propertindo
·                               PT Para Bali Propertindo
·                               PT Trans Studio

·                                          PT Trans Kalla Makassar (Trans Studio Resort Makassar)
·                                          Trans Studio Resort Bandung

·         PT Trans Retail
·                               PT Carrefour Indonesia


§  PT CT Global Resources
§     PT Para Inti Energy
§     PT Para Energy Investindo
§     PT CT Agro
§     PT Kaltim CT Agro
§     PT Kalbar CT Agro
§     PT Kalteng CT Agro
§     PT Arah Tumata
§     PT Wahana Kutai Kencana
(sumber : https://chudrizal.blogspot.co.id/2012/09/chairul-tanjung-kisah-sukses-sang-anak.html)
5

v  Daftar Pustaka
1.      Hendro.2011.”Dasar-dasar kewirausahaan”.Jakarta:Erlangga
3.   Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.2013.”Modul Pembelajaran dan Kewirausahaan, PDF.”Jakarta:Depdikbud
4. https://chudrizal.blogspot.co.id/2012/09/chairul-tanjung-kisah-sukses-sang-anak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar